Sabtu, 30 Mei 2015

PERTEMUAN RUTIN PENDAMPING UPSUS PAJALE BOJONEGORO

 
 
 
UPSUS BJN_Kalau kita pahami secara lebih mendalam, aktivitas sosial adalah sebuah proses penyadaran masyarakat dari suatu kondisi tertentu kepada kondisi yang lain yang lebih baik. Kalau kita menggunakan istilah yang lebih populer, aktivitas semacam itu bisa juga disebut sebagai aktivitas pemberdayaan "Empowerment" untuk suatu entitas atau komunitas masyarakat tertentu. Dari statemen tersebut, maka akan termuat suatu makna bahwa sebenarnya kesadaran kritis atas realitas sosial ini pada dasarnya ada pada setiap diri manusia.
 
Hanya saja tingkat kesadaran kritis pada masing-masing orang itu kadarnya berbeda-beda. Dan aktivitas sosial adalah alat untuk menyadarkan atau memotivasi bagi munculnya kesadaran tersebut. Meskipun, sebagaimana kita ketahui, bahwa membangun kesadaran kritis atas realitas sosial itu tidaklah semudah membalik tangan, karena kesadaran itu dilingkupi oleh persoalan-persoalan sosial dan sebagainya, yang senantiasa membelenggunya. 
 
Oleh karena itu, untuk masuk pada titik sentral kesadaran kritis atas realitas, maka tidak mungkin untuk tidak membongkar, mengurai dan menganalisa persoalan-persoalan yang ada disekitar kita. Jadi, kesadaran kritis itu sangat diperlukan
 
Salah satunya kita bisa melihat dari kekompakan teman- teman Upsus pajale Bojonegoro dalam pertemuan rutin satu kabupaten sangat luar biasa, dalam kegiatan ini setiap satu minggu sekali teman- teman upsus selalu koordinasi, tukar cerita dan membahas setiap laporan serta target minggu depan. Setiap kecamatan di lapangan pasti ada masalah dan problem di situ kita bisa memecahkan masalah bersama dengan mengambil kesepakatan yang banyak yang disetujui teman-teman. Pembahasan permaslahan yang sangat kompleks dipetani memicu teman-teman untuk lebih berfikir keras.

1 komentar:

  1. assalualaikum. saya Natasa, pendamping upsus pajale di cianuur. saya mahasiswa s2 agribisnis di ipb. salam kenal..
    maaf sebelumnya, kalau boleh saya minta kontak salah satu pendamping upsus yang ada di bojonegoro, rencananya saya da rekan saya akan melakukan penelitian di bojonegoro, ada beberapa informasi yang belum kami dapatkan, mohon kontak nya
    bisa hubungi saya di whatsap 085769636030 atau telp n sms 085268405600.
    mohon bantuannya, terimakasih informasinya
    wassalam..

    BalasHapus