Minggu, 17 Mei 2015

PRODUK PENGOLAHAN HASIL PERTANIAN KWT PUTRI TANI DS. DRAJAT, BAURENO, BOJONEGORO, JAWA TIMUR







UPSUS BJN _ Inovatif bagi wirausaha merupakan proses mengubah peluang usaha yang terdapat didaerah sekitar menjadi suatu gagasan dan ide-ide yang dapat dijual. PUTRI TANI Ds. Drajat merupakan salah satu contoh kelompok wanita tani yang berinovatif untuk mengolah hasil pertanian mereka menjadi suatu produk. Hal ini dilakukan dengan tujuan melihat peluang usaha di daerah tempat tinggal mereka.
Salah satu contoh produk olahan hasil pertanian KWT PUTRI TANI Ds. Drajat yaitu Susu Kedelai, Jamu Beras Kencur, dan Jamu Kunir Asem. Produk tersebut mungkin sudah sering berada di pasaran, namun untuk proses pengemasan mereka telah mengadopsi dari produk-produk yang dijual di supermarket, sehingga produk yang dijual lebih bermutu. Pengemasan yang praktis, mudah disimpan, mudah dibawa, dan berlabel dapat menjadi nilai tambah dalam penjualan produk. Sehingga konsumen juga lebih tertarik untuk membeli dan mengkonsumsinya.
Untuk produk Susu Kedelai, Jamu Beras Kencur, dan Jamu Kunir Asem “PUTRI TANI“ dijual pada kemasan botol plastik 600ml dengan harga Rp 6000/botol. Harga tersebut cukup terjangkau bagi masyarakat sekitar, dimana rasa dan kualitas yang enak dan berkhasiat dapat menjadi obat tradisional bagi kesehatan masyarakat. Untuk pemasaran sementara produk Susu Kedelai, Jamu Beras Kencur, dan Jamu Kunir Asem “PUTRI TANI“ hanya diwilayah Kabupaten Bojonegoro. Hal ini dikarenakan KWT PUTRI TANI Ds. Drajat belum dapat memenuhi permintaan konsumen diwilayah Bojonegoro karena terkendala oleh tenaga pemasaran. Namun masyarakat dapat membeli produk PUTRI TANI dengan berkunjung kesentra produksi di Ds. Drajat, Baureno, Bojonegoro, Jawa Timur.(by.tata)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar